Welcome To My Blog IXAN

Senin, 17 Desember 2012

Grafik Komputer 2D (2 Dimensi)

Grafik Komputer 2D (2 Dimensi)

Konsep Dasar :

Grafik komputer dua dimensi (2D) adalah pembuatan objek gambar dengan menggunakan 2 titik sebagai acuannya yaitu sumbu x dan y. Dapat digunakan dalam aplikasi yang awalnya dikembangkan pada teknologi cetak tradisional dan gambar, seperti tipografi, kartografi, gambar teknik, iklan, dan lain-lain. Dalam aplikasi, gambar dua dimensi adalah bukan hanya representasi dari objek dunia nyata, tetapi sebuah artefak independen dengan nilai tambah semantik; model dua-dimensi karena itu pilihan, karena mereka memberikan kontrol yang lebih langsung gambar dari grafik komputer 3D, pendekatan yang lebih mirip dengan fotografi daripada tipografi.


Karakteristik :

– Karakteristik pada grafik komputer 2D yaitu biasanya terlihat dari tampilan gambarnya yang datar (flat) dan tidak beruang (perspektif). Kemudian tampilannya berupa struktur garis. Frame layar tampilannya pun terbatas. Obyek gambar disajikan dalam dalam sumbu x dan y.

Keuntungan :
  • 1.    Kemudahan dalam membuat gambar
  • 2.    Tidak memerlukan waktu banyak untuk meresource


Kerugian :
  • 1.    Gambar hanya terlihat biasa.
  • 2.    Belum mengimplementasikan ke dalam bentuk 3D
  • 3.    Ukuran tidak menggunakan kedalam antara viewer dengan object


Macam-macam Software Pengolah Grafik Komputer 2D

CorelDraw

CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll.

AdobePhotoshop

Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel. Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

Corel PhotoPaint
Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan. Perangkat lunak ini biasa dijual satu paket dengan Corel Draw dan Corel R.A.V.E .


Macromedia FreeHand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.

Adobe Flash

Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunya file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pad Flash 5.

Implementasi
membuat gambar 2D dengan Library Graph pada bahasa c++

#include //Wajib
#include
#include
#include
#include
int mulaimodegrafik (const char* pBGIPath )
{
int GraphicDriver;
// Deteksi otomatis driver & mode yang paling optimal untuk computer ini
int GraphicMode;
detectgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode );
// Initialize (mulai) mode grafik dengan menggunakan driver dan mode yang telah dipilih
// secara otomatis.
initgraph (&GraphicDriver , &GraphicMode , pBGIPath );
// Kembalikan nilai dari graphresult();
return graphresult();
}
void tutupmodegrafik ()
{
// Kembali ke mode teks
closegraph();
}
void buatLingkaran(int cx, int cy,int r, int c)
{
// Menggunakan optimasi algoritma lingkaran
float s=0.0;
int x,y;
while(s
{
x=(float)r*cos(s);
y=(float)r*sin(s);
putpixel(cx+x,cy+y,c);
putpixel(cx+x,cy-y,c);
putpixel(cx-x,cy+y,c);
putpixel(cx-x,cy-y,c);
putpixel(cx+y,cy+x,c);
putpixel(cx+y,cy-x,c);
putpixel(cx-y,cy+x,c);
putpixel(cx-y,cy-x,c);
s+=0.005f;
}
}
int main()
{
// Mulai menggunakan mode grafik
int a;
mulaimodegrafik (“..\\BGI\\”);
// Mulai menggambar disini.
// lingkaran
buatLingkaran(250,260,5,15);
buatLingkaran(300,250,25,20);
buatLingkaran(393,186,50,2);
for(a=1;a<=200;a++)
{
// garis vertikal
putpixel(200,200+a/2,1);
putpixel(220,120+a/3.3,1);
putpixel(260,120+a/9,1);
putpixel(220,220+a/2.5,20);
putpixel(260,220+a/2.5,20);
putpixel(330,200+a/2,1);
putpixel(300,225+a/4,15);
putpixel(380,235+a/3,20);
putpixel(405,235+a/3,20);
// garis horizontal
putpixel(200+a/1.55,200,53);
putpixel(220+a/5,220,20);
putpixel(220+a/5,120,1);
putpixel(275+a/4,250,15);
putpixel(200+a/1.55,300,1);
putpixel(380+a/8,300,20);
// garis diagonal
putpixel(265-a/3,135+a/3,53);
putpixel(265+a/3,135+a/3,53);
delay(10);
}
getch();
tutupmodegrafik();
return 0;
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar