TEKNIK KOMUNIKASI DIGITAL
Asyncronous & Syncronous
ASYNCHRONOUS
Komunikasi
Asynchronous
adalah komunikasi sederhana dan murah tetapi memerlukan tambahan 2 sampai 3 bit
per karakter untuk synchronisasi. Persentase tambahan dapat dikurangi dengan
mengirim blok-blok bit yang besar antara start dan stop bit,tetapi akan memperbesar
komulatif timing error, solusinya yaitu transmisi synchronous.
Strategi dari metode ini yaitu mencegah problem
timing dengan tidak mengirim aliran bit panjang yang tidak putus-putus. Melainkan data ditransmisi per karakter pada
suatu waktu,dimana tiap karakter adalah 5 sampai 8 bit panjangnya. Timing atau
synchronisasi harus dipertahankan antara tiap karakter,receiver mempunyai
kesempatan untuk mensinkronkan awal dari tiap karakter baru.
Dalam
transmisi asyncronous di kenal Idle ,
dimana Idle itu adalah ekuivalen untuk
elemen pensinyalan bagi binary ’1’.
Komunikasi asyncromous terbagi 2
jenis
1.
Komunikasi tak
bersama-sama yaitu mempergunakan pemancar, telepon dan kawat tanpa koordinasi
tentang pemilihan waktu dan lama tingkat transmiter sinyal tertentu mewakili
cacahan tunggal. Mengirimkan data
melalui sinyal memerlukan pengirim dan telepon keduanya menggunakan metode enconding/mendekode,
dimana singgah sinyal menemukan data.
2.
Sistem bersama-sama yaitu tidak mengirim,memisahkan informasi menunjukkan sandi
atau clocking informasi. Dimana telepon harus
menentukan clocking sinyal dengan sendiri. Ini berarti bahwa telepon harus menentukan dimana
singgah sinyal untuk menemukan orang-orang, dan putuskan sendiri dimana setiap
menghentikan dan memulai.
SYNCHRONOUS
Sinkronisasi adalah salah satu tugas utama dari komunikasi data.
Ada level lain dari synchronisasi yang perlu
agar receiver dapat menentukan awal dan akhir dari suatu blok data. Untuk itu, tiap
blok dimulai dengan suatu pola preamble
bit dan diakhiri dengan pola postamble
bit.Pola-pola ini adalah kontrol informasi. Frame adalah data plus kontrol informasi.Format yang tepat dari
frame tergantung dari metode transmisinya, yaitu:
● Transmisi
charakter-oriented
● Tranmisi
bit-oriented
Sistem
sinkron berunding hubungan di data-link tingkat sebelum komunikasi dimulai.
sistem sinkron dasar akan mensinkronkan dua jam sebelum pengiriman, dan
memasang lagi numerik mereka menolak untuk kesalahan. Banyak lanjutan sistem
mungkin berunding hal-hal seperti koreksi kesalahan dan kompresi.
Kedua
sisinya mungkin berusaha mensinkronkan hubungan pada waktu yang sama. Dengan
proses menentukan yang harus terkendali. Dimana kedua sisi dapat melewati
putaran nego panjang dengan parameter komunikasi penukaran dan keadaan
informasi. Sekali hubungan didirikan, pemancar mengirim sinyal, dan telepon
mengembalikan data bertalian dengan pengiriman itu. Ini mengambil lebih panjang
sangat rendah kemungkinan untuk error-rate baris, tetapi sangat efisien di
sistem dimana sedang pengiriman sendiri ( kawat listrik, sinyal radio atau
balok laser) tidak andal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar