Welcome To My Blog IXAN

Sabtu, 15 Desember 2012

TEKNIK KOMUNIKASI DIGITAL



TEKNIK KOMUNIKASI DIGITAL
Asyncronous & Syncronous

ASYNCHRONOUS
Komunikasi Asynchronous adalah komunikasi sederhana dan murah tetapi memerlukan tambahan 2 sampai 3 bit per karakter untuk synchronisasi. Persentase tambahan dapat dikurangi dengan mengirim blok-blok bit yang besar antara start dan stop bit,tetapi akan memperbesar komulatif timing error, solusinya yaitu transmisi synchronous.
Strategi dari metode ini yaitu mencegah problem timing dengan tidak mengirim aliran bit panjang yang tidak putus-putus.   Melainkan data ditransmisi per karakter pada suatu waktu,dimana tiap karakter adalah 5 sampai 8 bit panjangnya. Timing atau synchronisasi harus dipertahankan antara tiap karakter,receiver mempunyai kesempatan untuk mensinkronkan awal dari tiap karakter baru.
Dalam transmisi asyncronous di kenal Idle , dimana Idle itu adalah ekuivalen untuk elemen pensinyalan bagi binary ’1’.
Komunikasi  asyncromous terbagi 2 jenis
1.     Komunikasi tak bersama-sama yaitu mempergunakan pemancar, telepon dan kawat tanpa koordinasi tentang pemilihan waktu dan lama tingkat transmiter sinyal tertentu mewakili cacahan tunggal. Mengirimkan data melalui sinyal memerlukan pengirim dan telepon keduanya menggunakan metode enconding/mendekode, dimana singgah sinyal menemukan data.
2.     Sistem bersama-sama yaitu tidak mengirim,memisahkan informasi menunjukkan sandi atau clocking informasi. Dimana telepon harus menentukan clocking sinyal dengan sendiri. Ini berarti bahwa telepon harus menentukan dimana singgah sinyal untuk menemukan orang-orang, dan putuskan sendiri dimana setiap menghentikan dan memulai.



SYNCHRONOUS
Sinkronisasi adalah salah satu tugas utama dari komunikasi data.
 Ada level lain dari synchronisasi yang perlu agar receiver dapat menentukan awal dan akhir dari suatu blok data. Untuk itu, tiap blok dimulai dengan suatu pola preamble bit dan diakhiri dengan pola postamble bit.Pola-pola ini adalah kontrol informasi. Frame adalah data plus kontrol informasi.Format yang tepat dari frame tergantung dari metode transmisinya, yaitu:
● Transmisi charakter-oriented
● Tranmisi bit-oriented
Sistem sinkron berunding hubungan di data-link tingkat sebelum komunikasi dimulai. sistem sinkron dasar akan mensinkronkan dua jam sebelum pengiriman, dan memasang lagi numerik mereka menolak untuk kesalahan. Banyak lanjutan sistem mungkin berunding hal-hal seperti koreksi kesalahan dan kompresi.
Kedua sisinya mungkin berusaha mensinkronkan hubungan pada waktu yang sama. Dengan proses menentukan yang harus terkendali. Dimana kedua sisi dapat melewati putaran nego panjang dengan parameter komunikasi penukaran dan keadaan informasi. Sekali hubungan didirikan, pemancar mengirim sinyal, dan telepon mengembalikan data bertalian dengan pengiriman itu. Ini mengambil lebih panjang sangat rendah kemungkinan untuk error-rate baris, tetapi sangat efisien di sistem dimana sedang pengiriman sendiri ( kawat listrik, sinyal radio atau balok laser) tidak andal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar